Entri Populer

Kamis, 14 Oktober 2010

Harta Karun

Ibu feat Gazelle n BSA

Ibu feat Gazelle
Lebaran tahun 2010 kemaren secara kebetulan saya mendapat harta karun keluarga yang tak ternilai harganya, semula saya tahu ada sesuatu yang tidak pernah saya perhatikan sebelumnya...seperti lebaran pada umumnya mudik suatu hal yang lumrah, secara kebetulan dan jarang saya lakukan adalah melihat dapur tua yang nyaris sudah tidak di gunakan, tungku tua yang masih tradisional pengapiannya ada 3 buah onthel yang terparkir rapi di pojok dapur sebelah tungku kusam...karena tempat yang gelap tanpa pencahayaan yang mencukupi saya tidak menghiraukan, lalu kemudian saya bertanya kepada Ibu.
Dan ternyata ketiga sepeda itu kepunyaan bapak, lalu saya menuntun 1 per 1 keluar, dengan banyak bertanya saya mencoba memahami apa dan siapa identitas ketiga tersebut. namun 1 sepeda bertipe cowok ternyata sudah diberikan untuk anak lelaki nya pembantu yang keseharian nya merawat eyang, jadi hanya 2 sepeda yang berhak saya lihat dan bertanya. Kedua sepeda itu bernama :
Penampakan BSA Heren utuh


1. Onthel BSA Heren
Onthel jadul yang uda re-paint hitam kinclong bermotif coklat eksotik klasik, emang sengaja sepeda tersebut di re-paint dikarenakan kondisi yang sudah berkarat disana sini, namun rangka masi utuh baik itu frame (rangka), slebor depan dan belakang, emblem BSA yang utuh depan di batang bawah lampu (meski hanya samar, tapi masi tertera tulisan Birmingham Small Arms) dan di slebor blakang dekat stop lamp, lampu bosch yang masi berfungsi untuk penerangan, stang bergambar 2 senjata laras panjang ciri khas BSA, nomer rangka yang mungkin dulu nya ada semacam STNK masi utuh, tromol ban depan belakang yang mempunyai porsneleng 3 kecepatan milik Sturmey Archer made in Englang masi utuh dan kinclong, sadel tua yang uda sobek di sanan-sini, velg dunlop made i8n england yang utuh tanpa cacat, bell christhopore, gear rantai bertuliskan BSA, batang kayuhan semburat masi muncul lambang BSA. 1 per satusaya belajar apa itu Onthel...dan ini lah Onthel pertama yang saya punya, karena posisi eyang kakung BSA berpindah tangan ke garasi saya di Solo Baru, Jawa Tengah.

2. Onthel Gazelle Heren no seri 861517
Ini onthel kedua yang ada dirumah Eyang di Sragen. Nampak gagah sekali onthel ini dengan cat orisinil kusam berlumur minyak yang konon katanya untuk merawat sepeda dari karat, benar saja kelihatan mewah sekali onthel ini bermodalkan setang orisinila bertuliskan gazelle, frame dengan no seri 861517 dan di batang bawah emblem depan tertera gazelle dengan jelas, emblem depan dan belakang masi utuh, sedel dengan pir unik menambah kegagahan, selebor asli bawaan gazelle masih menempel cantik, gear torpedo burung msi terlihat jelas, dan as roda depan gazelle punya, lambang kijang jingkrak menempel cantik di selebor depan, setandar koba jadi pijakan istirahat, velg masih orisinil bawaan gazelle, bell antik entah apa namanya saya tidak tahu berornamen kuningan dan berbentuk besar menempel di setang gazelle. Hanya saja sepeda ini tidak bole berpindah ke SoloBaru dan msih menetap di sragen.








Me feat Gazelle n BSA


Semenjak itu saya mulai belajar apa itu Onthel, lama kelamaan saya mulai menyukai onthel dengan beragam pritilan nya, yang kemudia berniat mempunyai onthel yang bernama Simplex dames. Dengan Pengetahuan minim dan saya masih awam soal dunia peronthelan saya mengumpulkan pernak-pernik onthel untuk BSA heren saya, perlahan saya menambah accecories tas bercorak klasik yang ada tempat pistol nya, kemudian tempat minum polisi jadul yang masi tertera tulisan POLRI, semua accecories sengaja berkesan militer karena konon cerita BSA emang digunakan untuk kegiatan militer, borgol kuno yang masi berfungsi dengan baik menggantuk di setang, pistol mainan jadul yang amat sangat berat karena berbahan baja tua (ada aja mainan anak jaman dulu, kok seperti pistol sungguhan) sepintas seperti pistol sungguhan, yang sering di tanyakan polisi.

Minggu 10 oktober 2010 saya beronthel ria mengelilingi Solo, karena hanya hari sabtu dan minggu merupakan kesempatan saya untuk autis dengan BSA saya, seperti biasanya saya hunting perlengkapan BSA saya berawal dari pasar klithikan Notoharjo (silir) - pasar gading - pasar jongke - pasar legi - pasar windu jenar (triwindu), kebetulan hari minggu setelah car free day di jalan Slamet Riyadi, pukul 10 pagi pasar windu jenar (triwindu) secara tidak sengaja saya ngobrol dengan seseorang berbadan guedi duwur layak nya ade rai, ngbrol ngalur ngidul dan akhirnya dia bilang kalo mau menjual onthel soalnya dia lagi butuh duit untuk keperluan keluarga, di ajaklah saya di gudangnya...gelap, pengap, lembab jadi satu. Samar-samar ada 2buah onthel yang menurut penglihatan saya itu sebuah Gazelle dames dan Simplex dames...Heeiii !!! ini onthel papan atas coy !!! memang kedua onthel tersebut dijual, dan memang dari awal saya mencari Simplex dames bukan Gazelle dames, saya amati simplex tersebut dari baut frame apakah ini model neo apa cycloide, frame sangat utuh, ornamen cat khas Simplex hitam semburat coklat kemerah-merahan pada batang frame dan velg yang masi ori pun bermoti serupa, velg ciri khas Simplek dengan sisi tengah velg yang menyembul keluar berwarna hitam serta jerujinya nampak utuh mesti kusam, saya keluarkan Simplex tersebut ketempat yang lebih terang, dan memang bnar ini bakalan cantik nan anggun apabila saya rawat, standrat bertuliskan Simplex berkarat msi menempel dan berfungsi, sedel orisinil pun masi melekat, frame bernomer seri 77445 masi jelas kelihatan, namun saya kurang paham kapan onthel ini di produksi, ada yang tahu ??? ketengkas masi utuh meski ada karat dan saya pikir itu wajar, negosisasi berjalan tidaklah alot dan saya pikir cukup pantas dengan harga tersebut saya dapat dengan kondisi Simplex yang 80% ori, hanya ban,lampu setopan belakang dan setang yang tidak ori, tromol torpedo memakai perry 36 made in England, selebor depan belakang masi ori bawaan Simplex yang pada bagian slebor belakang masi terdapat tempat kabel yang dimana kabelnya masi melilit utuh, emblem depan belakang masi jelas terilhat mesti kusam kena debu gudang. dan akhirnya hari itu juga Simplex itu berpindah tangan ke SoloBaru.
Akhirnya bersandinglah BSA Heren 24 (Birmingham) dan Simplex Dame (Amsterdam) di SoloBaru, semoga pasangan beda negara ini mempunya keberuntungan lebih untuk pemiliknya, Amin !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar